12 Apr 2014

Pneumonia menghampirinya...

Pneumonia,, denger kata itu aja udah langsung nyebut naudzubillah,, penyakit pneumonia kalo diliat dari wikipedia bisa di liat di SINI kita menyebutnya dengan radang paru,, serem ya,, iya,,dan ternyata penyakit itu menghampiri anak saya yang berusia 2,5 tahun,, kaget banget,, awalnya syathir memang termasuk anak dengan bakat alergi besar dengan bakat asma dari saya ibu nya,,,yaah siapa sih yang mau kalo nurunin ke anak itu penyakit,, nah syathir biasanya kena alergi atau kambuh asma nya sejak dia berusia 1,5thn yang pada saat itu setiap hari kambuh! setiap hari batuk sampe muntah-minum meptin syrup,, sedih bener deh rasanya,, alhamdulillah ketika pindah ke rumah baru yang minim perabotan mulai agak berkurang kambuhnya dan kita juga sudah sedia nebulizer untuk jaga2,, sempat berobat ke dr zakiudin munassir,dr endah citra resmi dan memang mereka bilang kalo memang syathit ada bakat asma yang tinggi dari ibu,, *cry* *maaf ya nak* setelah 2 tahun usianya,, kambuh nya ga setiap hari lagi,, hanya ketika dia FLU dan kalo lagi capek banget nget,, tapi sayang nya,, virus flu itu super bandel,, kita berusaha menjauhkan dia dari virus tersebut tapi apa daya kalo kakaknya bawa pulang virus nya,emaknya jg lagi kena,abi nya juga kena otomatis adek kena,, mulai hampir setiap bulan temenan sama nebulizer,pulmicort,ventolin dan teman-temannya,, :( sempat nanya sama dr endah kalo nebulizer berbahaya? beliau menjawab kalo memang butuh mau gimana lagi? dan itu lebih aman dibaning obat minum karna langsung ke pernafasan,,,

nah sebagai orang tua nya yang ga pengen anaknya di kasih obat teruuss akhirnya setiap dia sesak kita hanya memberikan nebulizer dan tidak ke dokter untuk mentuntaskan penyakitnya,, sampai akhirnya akhir maret kemaren syathir sempat flu seminggu TANPA SESAK,, kita bersyukur bangettt,, ternyata ada yang flu yang ga tau gimana cara nularinnya tiba2 syathir flu lagi minggu depannya dengan SESAK BATUK,, huhuhuhu waktu itu abi lagi ke semarang,,atuk uwo lagi ke malaysia, iti lagi ke surabaya,,,huwaaaaaaa stress deh malem2 liat syathir megap2 ga mau tidur karna susah nafas :( ;(  akhirnya nelfon nde yang udah nikah malem2 untuk dateng,, akhirnya syathir d bawa ke brawijaya UGD,,, sampai di sana di suspect bronkopneumonia,, kaget benerrr kok bisa?? bronkopneumonia?? kok bisaaaa,, di suruh rawat tapi karna kondisi ga memungkinkan kakak dzaky sama siapa akhirnya kita pulang,,, sempet ngobrol sama @lenyfarina , @dhiralifia ditanya ada yang merokok,, sama sekali ga ada,, sedihh bangettt,, nah karna mungkin pikiran,stess akhirnya aku tumbang,, alias ikutan bengek

bagaimana ini ceritanya kalo mamak bengek,, anak2 siapa yang urus? ga bener ini,,, akhirnya nelfon rumah cileduk yang angkat art mama yang udah kayak keluarga,akhirnya angkut barang ngungsi ke cileduk sementara,, sampe sana jam 7 malem,, syathir udah dapat obat dan alhamd tidurnya agak enakan,, di cileduk saya sekomplek sama dr zakiudin munasir dokter anak ahli alergi,, besok pagi jam 6 langsung angkut syathir untuk second opinion,, nah beliau mengatakan bukan kok bu,,bukan bronkopneumonia,, karna kalo BP itu demam,, dan syahir ga pake demam,, lega bener bener lega,, ganti obat,pulang,, malemnya alhamd tidur makin enak walau nafasnya masih bersuara keras,,kayak ngik2 gitu tp apa krn dia udah terbiasa kali ya :(

hari minggu kita pulang ke condet dan senin nya tiba2 kok panas adek,, siang makin jadi,, masukin proris dubur turun sampe sore,,malem tinggi lagi dan tinggi banegttt masukkin lagi proris dubur. besok nya kok makin jadi dan nafasnya sesak lagi,,mulai ga mau makan :( langsung aku bawa ke dr sylvia di premier jatinegara,, begitu ketemu di periksa sambil duduk,ga pake banyak omong beliau cuma ngomg gini.. bu foto rontgen ya,,, huhuhu pas diliat kok di paru kiri ada putih gitu di bag bawahnya,, dan keterangannya pneumonia kiri,, hancur hati ini,,runtuh rasanya,,sambil melukin adek sambil gamang kaki nya umi naaaaak,, masya allaah salah siapa ini,, salah umi naak salah umii,, syathir itu anak yang kuat kalo sakit ga pernah ngeluh anaknya :( dr sylvi suruh opname tapi lagi2 kita minta coba rawat jalan dulu krn ngebayangin mau masuk infus ke tangan kecilnya adek kok ga tega,, tapi setelah melihat dia muntah2 malemnya karna lambung nya ga kuat nerima antibiotik dan panasnya tinggi lagi serta ga mau masuk apapun,, langsung kita lari ke  UGD,,, jerit2 hati ini rasanya,, tapi kalo ga kuat siapa lagi,, akhirnya resmi adek jadi pasien rawat inap bersama ummi,, ga mau lepasssss ke wc aja emaknya langsung jerit,, adek selama di opname ga pernah senyum,, bener2 ga ada senyumnya,,

pengobatan yang di dapat adek itu injeksi antibiotik minimal 10x dibagi menjadi 2x sehari jadi minimal 5 hari di rawatnya,,semua obat lewat infus,ada obat radang nya juga dan pengambilan CRP,leukosit dan kultur darah,, ketika keluar hasil leukositnya,, normal 10k adek 30k.. CRP nya yang paling mengejutkan,, normal kurang dari 3 adek hasilnya 215 mau nangis ga sih pas baca,, tingggi banget deeekk,,, oh iya CRP itu reaksi tubuh kita kalo ada infeksi nah mengeluarkan crp ini,,, jadi kalo tinggi hasilnya infeksi nya berarti lumayan *nangiss* tapi ga mungkin nangiss depan syathir,,adek aja ga nangis masa umi nangis,, kita ummi abi,atuk gantian jagain adek,, oh iya kakak dzaky dititipin ke rumah uwo dan kena sakit mata juga,, virus katanya ampe bengkak matanya,,huhu alhamdulillah setelah ke dr mata sembuh alhamdulillah naaak,, selama 5 hari ga ketemu dzaky masya allaaah rasanyaaaa,, hebat memang ibu2 yang ga ketemua anak nya berbulan2,,karna kmrn saya ikut merasakan walaupun hanya 5 hari,,,

kembali ke syahir,,hari2 nya diisi dengan nonton tutitu,playdoh,cars balik lagi tutitu,playdoh,cars itu2 ajaa ga mau yang lain,, masya allah rasanya ituuu,, nunggu sampe injeksi selesai lama banget rasanya,,, sampe hari ke 6 untuk tes lagi dan ketika keluar hasilnya leukosit 9k dan CRP menjadi 7 *sujud syukur* allahu akbar,,alhamdulillah,, foto rontgen kembali sudah bersih paru2nya,, kultur darah juga hasilnya steril,,nangis ini bener2 aku nangis sambil meluk syathir,,pulang kita nak,,pulang alhamdulillah,,,

pelajaran yang diambil,, kalo anak alergi itu kalo ga mau kambuh ya cari pencetusnya,, kalo FLU ya berarti dijaga,,kalo masih kena juga ya BEROBAT,,jadi maaf2 aja anak alergi dengan bakat asma belum bisa deng home treatment,, mungkin ketika mereka sdh beranjak dewasa bisa utk smbuh sendiri ya karna antibodi sudah sempurna,, pelajaran berharga bangett bangetttt,, dan oh iya PRORIS dubur ga bisa ternyata untuk anak dengan bakat asma,, GA BOLEH,,,

syathir,, yang sehat ya nak,,maafin umi kalo umi masih kurang dalam menjaga dan melindungi adek,,hancur hati umi ngeliat adek kemaren,, tapi setelah hujan badai akan ada pelangi yang indah nak,, dan adek syathir anak umi yang tangguh yang kuat dalam menghadapi semuanya,,

ummi abi sayang sekali sama adek syathir,,setiap detak jantung,setiap hembusan nafas ummi nak,, sehat ya nak,, insya allah kita sama2 ngebuang asma nya ya dek,,, amin ya allah,,,

setiap aku sedih mengingat semua ini,, kembali menampar diri sendiri kalo ini belum seberapa,, rahmat dan rejeki yang kami terima masih lebih banyak jumlahnya,, dan insya allah kejadian ini menjadi ujian naik kelas untuk kami sekeluarga,,,


2 comments:

Resna Nurhantika mengatakan...

Semoga sehat trrus yah adek syathir...anaku jugs bakat alergi. Flu ga sembuh2. Dan sempat drawat krn ispa tp leukosit 22rb.

keluarga Rakhmat F mengatakan...

Mba resna salam kenal,,,maaf br balas,,iya sedih bgt ya mba kl liat anak sakit,,,insya allah cepet sehat anak2 kita,,,

Poskan Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com