9 Des 2010

Belajar bijak dari The Urban Mama


The Urban Mama Writing Contest



,,,,Ya saya seorang ibu baru yang masih banyak banget kekurangan nya,,, masih kurang banyak pengetahuan dan ilmu nya tentang bagaimana menjadi ibu yang baik. Di dalam diri saya dalam menjaga tititpan Allah yang sangat berharga ini masih sering tidak PD,,berawal dari melahrkan dzaky pada tanggal 20 Oktober 2009,Saat itu dzaky lahir dengan berat 2,65kg... Rasanya Luar biasa bahagianya,,walaupun sudah berjuang di ruang melahirkan selama berjam2 menahan sakit kontraksi,,tapi ketika dzaky berhasil keluar rasanya,, nyess,, lega banget. Jadwal normal untuk saya yg melahirkan normal itu 3 hari biasanya,, tetapi pas hari ke 3 dzaky bilirubin nya naik dan harus masuk ke kamar perina,, di situ ilmu pengetahuan saya bener2 diuji. Ya saya gagal memberi dzaky Full ASIX karna waktu dzaky kuniing,ASI saya setiap saya peras paling banyak hanya 30ml saja,,sedangkan dzaky butuh asupan biar kuningnya bisa berkurang,,dan ya saya belum tau kalau bayi yang baru lahir bisa tahan tidak makan 72jam karna masih ada sisa cadangan makanan. Jadi akhirnya saya menyerah untuk menambahkan sufor ke dzaky.Jadi asi dan sufor saya berikan kepada dzaky,, saya hanya berdoa,, Ya Allah jika ini yang terbaik jadikan sufor ini obat untuk anak saya. Setiba di rumah alhamdulillah dzaky sudah mendingan kuningnya,,dan dia sangat kuat sekali menyusu nya,,setiap jam nyusu,,,dan alhamdulillah Asi saya juga sudah keluar,,Dan disitulah perjalan saya dimulai sebagai seorang ibu,,,eitss sebenernya perjalanan saya sudah di mulai dari hamil ya,, tapi belum terlalu mengena :) Saya dan suami pada saat itu tidak hidup di satu tempat alias hubungan jarak jauh,,suami di Palembang dan saya di jakarta,,Suami pulang dua minggu 1x,,alhasil saya harus bisa mengurus dzaky sendirian selama abbi ga ada,, yaaak disitulah saya diuji,,tengah malam begadang sendiri,,kalo nangis gendong sendiri,,,kalo capek,, ya pijit sendiri :p ga ada temen ngobrol,,alhasil kerjaan saya tengah2 malam itu browsing,,,


Browsing apa? apalagi kalo bukan tentang anak,,tentang merawat bayi,,,nah dari situ saya mengenal The Urban Mana(TUM). Kata yang saya ketik di google adalah merawat bayi,,, dan keluarlah TUM,,,langsung saya buka,,, kesan pertama begitu melihat tampilan TUM sangat menyejukkan hati saya,,warna pink nya yang lembut dan logo TUM yang bagus,,membuat saya sangat ingin membaca semua artikel2nya,, mulai lah saya menjelajahi content dari web TUM,,, untuk lebih mudah dan lebih leluasa dalam mencari dan membaca2 artikel dari TUM kita harus menjadi member untuk bisa gabung di dalam forum nya,,wah saya sangat tertarik sekali...ingin sekali bisa gabung di forum ini... sehingga daftar lah saya sebagai member di urbanmama sejak 5 April 2010 dengan username ummiedzaky :) 


Banyak sekali topik-topik yang sangat menarik yang ada d forum TUM,,, dan itu membuat saya "kewalahan" secara baik dalam membacanya hihihi karna isinya menarik semua,,,mulai dari topik untuk ibu hamil,,,ibu baru,,ibu menyusui,,tentang bayi,,toddler,,,topik untuk para mama,,,para papa,,,topik tentang liburan keluarga,,tentang sekolah hingga topik tentang kecantikan,,rambut,,make up,, LENGKAP di sana,, hoshhssssaaaahh *tarik napas* saking semangat nya... ^__^  Sebagai ibu baru yang tinggal berjauhan dengan suami,, kehadiran TUM sangat menemani saya di saat saya panik,,di saat saya bosan,,disaat saya membutuhkan sesuatu dalam merawat dzaky,, di saat saya membutuhkan informasi untuk saya,,, sangat membantu! 


Ketika dzaky berumur <12 mos saya mengambil topic untuk baby,dan di sana banyak sekali topic tentang menyusui,ASI,imunisasi,perkembangan perbulan,perwatan kulit bayi,,pertolongan ketika sakit dan jatuh,cerita tentan MPASI,,menu-menu MPASI,tentang menghadapi pola bayi,dsb. Banyak sekali yang saya pelajari,di saat saya membutuhkan suami saya malam2, kan ga mungkin saya telpon beliau dini hari kasian. Alhasil ngubek2 di forum nya TUM saya tidak perlu lama utnuk mendapatkan jawaban nya :p 


Ketika Dzaky >12 mos saya dapat banyak sekali topik di bagian toddler disitu saya belajar bagaimana membantu anak kita dalam belajar jalan,bersosialisasi,sikat gigi,apa sufor dan UHT yang cocok untuk susu dzaky,bagaimana mengatasi gerakan tutup mulut,bagaimana kita belajar untuk lebih sabar dalam menghadapi toddler,banyak sekali ilmu yang ada di dalam TUM,,,,, rasanya sangat terharu dapat menjadi bagian dari TUM walaupun cuman silent reader nya saja. Ya itulah kekurangan saya,saya jarang aktif dalam membuat postingan di TUM hanya aktif sebagai pembaca setia saja. PeEr banget nih buat dirubah!,,,


Kehadiran TUM di dalam hidup saya membuat saya belajar bijak,belajar bagaimana menjadi ummi yang bijak,,ummi yang lebih sabar,ummi yang tidak egois kepada anaknya,ummi yang lebih mau berjuang untuk dzaky, ummi yang kreatif,yah,banyak sekali hal baik yang saya dapatkan di sana, tidak hanya ILMU tapi juga TEMAN,,Sesuai dengan mottonya "There is always a different story in every parenting style." , saya tidak perlu menjadi siapa untuk mendidik dzaky,tidak perlu mengikuti siapa,tidak perlu menjadi seorang ummi yang KAKU,karna akan banyak cerita yang baik dalam mendidik anak,akan banyak "style" dalam menjadi seorang ibu. Dengan banyaknya member dari The Urban Mama,,,saya mendapat teman-teman yang luar biasa di sana,hihih waaupun belum pernah ikutan kopdar,,, belum rejeki kalo kata orang dulu :p karna saya sekarang tinggal di luar pulau jawa,,tapi saya tetap senang tetap bisa membaca berita2 terbaru dari TUM,, krn selain saya menjadi membernya,,saya juga follow twitternya TUM  :) dari situ juga saya sering bertanya2 kepada @theurbanmama dan para urban mama,,ketika sedang tergesa2 krn pihak TUM selalu sigap dalam menjawab pertanyaan para followers nya.. terima kasih TUM.... ^_____^


Sekarang TUM akan berusian 1 tahun,,, Insya Allah di usia nya yang ke-1 TUM dapat lebih memberikan manfaat yang lebih :) dan semoga TUM dapat menjadi situs parenting terbijak versi semua TUMblers dan semua keluarga di Indonesia dengan lebih banyak memberikan informasi terbaik,,, yeeeaaayy happy birthday The urban Mama,,, We love you always!!

Best Regards
**Rakhmat-Husnul-Dzaky**
   keluargakecil-firdaus




0 comments:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com